Follow me

Minggu, 21 Februari 2010

MISI

Setiap orang itu hidup di dunia ini harus mempunyai tujuan atau sebuah misi yang jelas akan dibawa kemana hidup ini. Manusia memang mempunyai kebebasan penuh untuk menyikapi situasi yang dihadapinya, namun pada akhirnya manusia harus dapat mengisi hidupnya dengan sesuatu hal yang baik atau sesuatu hal yang buruk. Dalam suatu keadaan sulit pun seseorang tetap mempunyai pilihan untuk menjadi manusia yang bermutu atau tidak. Tentu saja ini akan sulit terjadi jika beliau tidak mempunyai misi yang membuat dirinya dengan mudah menentukan langkah dan mengambil sikap. Seperti yang banyak diketahui, di zaman modern ini, semakin banyak individu yang berkeyakinan bahwa kebahagiaannya datang dari kekayaan materi. Sampai sebagian dari mereka sudah sulit sekali untuk membedakan halal atau tidaknya mata pencahariannya. Padahal tidak semua orang dapat benar – benar hidup bahagia dengan mempunyai banyak materi.
Banyak orang yang mengalami rasa kesepian atau tidak merasakan kebahagiaan sama sekali padahal dia hidup dengan penuh kegemilangan harta. Seharusnya, banyak orang harus mengerti bahwa materi bukanlah segalanya. Hidup kita ini akan lebih berarti apabila kita dapat memahami dengan jelas apa sebenarnya misi hidup kita. Misi dapat memberikan kita suatu gambaran hidup yang akan sangat berguna untuk kedepannya nanti. Contohnya, di dalam suatu perusahaan, pimpinan harus mempunyai misi yang jelas untuk dapat membawa karyawannya kearah yang dapat memajukan perusahaannya. Di dalam kehidupan nyata pun contohnya, ada seorang wanita sukses yang akan memasuki usia 80 tahun, lebih memilih membuat acara penggalangan dana yang akan dimanfaatkan untuk membangun gedung laboraturium, asrama untuk anak jalanan dan kegiatan social lainnya daripada membuat pesta besar untuk merayakan ulang tahunnya. Ini dikarenakan, ia melaksanakan misi suaminya yang sejak dahulu ingin membantu orang miskin, memajukan kesehatan dan pendidikan padahal suaminya itu telah meninggal dunia.
Kita harus menyadari bahwa misi lebih sakti daripada sekedar uang. Setiap kali tindakan kita mengarah pada pencapaian misi, maka kita akan merasa sangat bahagia. Dengan misi yang jelas, kita dapat lebih kuat menahan segala godaan yang menghadang. Misi dapat menjadi patokan yang membuat kita jadi lebih jelas dalam mengambil keputusan dan tindakan. Oleh karena itu, tentukanlah terlebih dahulu misi kita sebelum bertindak karena misi merupakan salah satu kunci kesuksesan.


Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar