Follow me

Selasa, 16 Februari 2010

Mengapa Harus Belajar Bahasa Indonesia?

Seperti yang telah kita ketahui dengan semakin berkembangnya zaman dan meluasnya pergaulan, maka pada saat ini banyak sekali orang – orang yang pada saat berkomunikasi tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mereka lebih banyak menggunakan ”bahasa gaul “ dalam berkomunikasi sehari – hari. Bahkan pada saat ini telah ada yang menciptakan bahasa gaul tersebut dan dibukukan lalu dijual di masyarakat luas. Sehingga sudah jarang sekali terlihat orang – orang yang berkomunikasi satu sama lain atau sudah sesuai dengan Ejaan Yang Disesuaikan (EYD).

Sebenarnya, hal ini sudah sangat membudaya atau telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, khususnya para remaja yang selalu menggunakan bahasa gaul dalam berkomunikasi sehari – hari. Dikarenakan hal inilah, maka belajar Bahasa Indonesia menjadi sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dimulai dari SD, kita telah diajarkan pelajaran Bahasa Indonesia. Bahkan saat kita duduk di bangku kuliahan pun kita juga akan menemukan pelajaran Bahasa Indonesia. Mungkin hal ini akan banyak mengundang orang untuk bertanya di dalam benak mereka, “Mengapa kita harus belajar Bahasa Indonesia?”. Kita harus belajar Bahasa Indonesia dikarenakan pada suatu saat nanti, kita pasti akan sangat membutuhkan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD. Contohnya pada saat kuliah, kita akan menyusun Penulisan Ilmiah (PI) ataupun skripsi. Pada saat inilah, Bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD sangat dibutuhkan, seperti tata cara penulisan, bentuk baku tulisan serta tanda baca yang digunakan dan sebagainya. Apabila kita tidak dapat menguasainya, maka kita akan sangat kesulitan pada saat menyusun PI ataupun skripsi. Bahkan pada saat melamar pekerjaan pun kita harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Oleh karena itulah, kita harus bangga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari – hari agar hal ini menjadi suatu kebiasaan yang baik dan berguna kedepannya. Sebaiknya pelajarilah bahasa kita sendiri terlebih dahulu sebelum kita mempelajari bahasa yang lain. Karena kita tidak akan pernah mengerti bahasa lain apabila kita tidak mengerti bahasa kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar