Follow me

Kamis, 11 Februari 2010

PENGANTAR PENELITIAN

A.PENELITIAN BISNIS
Penelitian bisnis dapat didefinisikan sebagai usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah spesifik yang dihadapi dalam konteks dunia kerja, yang membutuhkan sebuah solusi. Penelitian bisnis terdiri atas serangkaian langkah yang direncanakan dan dilakukan dengan tujuan menemukan jawaban terhadap isu – isu yang menjadi perhatian manajer dalam lingkungan kerja. Hal ini berarti bahwa langkah pertama dalam penelitian adalah mengetahui dimana letak masalah yang muncul dalam organisasi dan mengenali sejelas dan serinci mungkin masalah yang perlu dipelajari dan dipecahkan. Setelah masalah yang memerlukan perhatian didefinisikan dengan jelas, maka dapat diambil langkah – langkah untuk mengumpulkan informasi, menganalisis data, dan menentukan faktor – faktor yang berkaitan dengan masalah dan memecahkannya dengan mengambil tindakan korektif yang diperlukan.

Dengan demikian, penelitian meliputi serangkaian kegiatan yang dipikirkan dengan baik dan dilaksanakan secara hati – hati sehinggga membuat manajer mampu memecahkan masalah organisasi atau setidaknya menguranginya sedapat mungkin. Dengan demikian, penelitian meliputi proses penyelidikan, investigasi, pemeriksaan, dan eksperimentasi. Seluruh proses tersebut harus dilakukan secara sistematis, tekun, kritis, objektif dan logis. Hasil akhir yang diharapkan adalah penemuan yang dapat membantu manajer menangani situasi masalah.

B.DEFINISI PENELITIAN
Penelitian memberikan informasi yang diperlukan untuk memandu manajer mengambil keputusan yang terinformasi agar dapat memecahkan masalah secara sukses. Informasi yang diperoleh dapat berasal dari analisis mendalam terhadap yang dikumpulkan dari tangan pertama, atau data yang telah tersedia. Data dapat bersifat kuantitatif (yang umumnya diperoleh melalui pertanyaan terstruktur) dan juga kualitatif (yang dihasilkan dari jawaban yang luas terhadap pertanyaan spesifik dalam wawancara atau dari respon terhadap pertanyaan terbuka dalam kuesioner, lewat observasi, atau dari informasi dari berbagai sumber yang telah ada sebelumnya).

Penelitian dapat dilakukan untuk dua tujuan berbeda, yaitu :
1.Untuk memecahkan masalah mutakhir yang dihadapi oleh manajer dalam konteks pekerjaan, yang menuntut solusi tepat waktu disebut juga dengan penelitian terapan (applied research).
Contohnya : Sebuah produk tertentu mungkin tidak laku dan manajer harus menemukan alasan di balik hal tersebut dalam rangka mengambil tindakan perbaikan.
2.Untuk menghasilkan pokok pengetahuan dengan berusaha memahami bagaimana masalah tertentu yang terjadi dalam organisasi dapat diselesaikan disebut juga dengan penelitian dasar (basic research).
Contohnya : Seorang professor universitas mungkin tertarik untuk menyelidiki faktor – faktor yang menyebabkan absensi, semata – mata sebagai minat akademik.

Sumber : RESEARCH METHODS FOR BUSINESS,UMA SEKARAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar