Follow me

Rabu, 24 Maret 2010

Skandal Century Membuat Transaksi di BEI Turun

JAKARTA - Berlarut-larutnya skandal Bank Century menjadi salah satu penyebab turunnya nilai transaksi perdagangan beberapa waktu belakangan ini.

"Dari sisi transaksi, suka atau tidak suka memang ada pengaruhnya, nilai transaksi memang agak sedikit menurun, itu lebih kepada lokal sentimen," kata Direktur Penilaian Perusahaan PT Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Eddy Sugito, usai acara listing TOWR di Gedung BEI, Jakarta, Senin (8/3/2010).

Nilai transaksi terlihat selalu mengalami penurunan pada pekan lalu. Mulai dari Jumat 5 Maret pekan lalu, nilai transaksi yang tercatat di bursa hanya sebesar Rp2,1 triliun. Sementara pada Kamis 4 Maret, nilai transksi hanya sebesar Rp2,87 triliun, Rabu 3 Maret nilai transaksi Rp3,26 triliun, Selasa 2 Maret hanya Rp3,2 triliun, dan Senin 1 Maret sebesar Rp2,79 triliun.

Eddy melanjutkan, situasi politik terkait Bank Century ini membuat investor harus selalu mengamati perkembangannya. Yakni untuk mengawasi apakah perubahan situasi politik yang terjadi membahayakan investasinya.

Alhasil, akibat terlalu terfokus kepada situasi politik, pasar pun ditinggalkan. "Banyak energi yang dibuang di sana. Investor, khususnya lokal menjadi harus selalu memantau arah politik," jelasnya.

Walau demikian, pihak bursa belum akan melakukan perubahan revisi terkait hal tersebut. "Ini kan baru Maret, ke depannya masih panjang," ungkapnya.

BEI, katanya, juga berharap permasalahan Bank Century ini cepat selesai. Pasalnya, sekarang ini sebenarnya situasi sangat kondusif untuk indeks naik. Di mana kondisi fundamental positif dan kondisi eksternal juga sangat mendukung.

"Kita berharap kasus Century cepat selesai, pasar bisa kembali bergerak karena nilai fundamental kita punya (positif), jangan sampai momentum yang bagus ini terbenam karena isu-isu tersebut," tukas dia.(ade)


Menurut pendapat saya, kasus bank century ini memang memberikan banyak dampak pada semua aspek kehidupan salah satunya pasti aspek ekonomi. Gejolak politik saat ini memang sedang memanas sehingga banyak dampak yang ditmbulkan. Salah satu yang terkena imbasnya adalah menurunnya transaksi di BEI. Hal ini banar - benar sangat disayangkan banyak pihak karena sangat merugikan untuk perkembangan ekonomi di Indonesia.

Saat ini banyak para investor yang selalu mengamati perkembangan kasus century untuk mengawasi apakah perubahan situasi politik membahayakan investasinya. Hal ini membuat para investor jadi terlalu fokus pada keadaan politik sehingga banyak yang meninggalkan pasar mengakibatkan menurunnya transaksi di BEI. Padahal sebenarnya situasi saat ini sangat kondusif untuk menaikkan indeks. Dimana kondisi fundamental sedang positif dan kondisi eksternal juga sangat mendukung.

Oleh karena itu, kasus century ini diharapkan dapat cepat selesai sehingga tidak menghambat perkembangan ekonomi Indonesia dan menimbulkan berbagai kerugian di segala aspek kehidupan.


Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar