Follow me

Minggu, 21 Maret 2010

Latar belakang PI aku

Sekarang udah masuk semester 6 dan saatnya buat saya dan semua teman saya yang juga semester 6 bikin PI (Penulisan Ilmiah). Ini wajib dibuat walaupun cuma 2 sks. Saya udah mengambil judul "Analisis Pengaruh Financial Leverage dengan Return On Investment (ROI), Return On Equity (ROE)dan Earning Per Share (EPS)pada Perusahaan yang Terdaftar Dalam LQ45".

Latar belakang saya mengambil judul ini, yaitu pertama - tama karena ada senior saya yang mengerti tentang hal ini sehingga saya berani mengambil judul ini dengan harapan apabila suatu saat nanti apabila saya mengalami kesulitan maka saya akan meminta bantuannya.

Secara ilmiah, yang melatarbelakangi pengambilan judul ini adalah dikarenakan di era globalisasi saat ini, perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerjanya agar dapat bersaing dan memperoleh laba yang berkesinambungan. Dalam usaha untuk memperoleh laba itu perusahaan pastinya tidak hanya membutuhkan dana dari dalam perusahaan saja, tetapi juga dari luar perusahaan sehingga apabila perusahaan benar - benar melakukan pinjaman pada pihak luar, maka akan timbul utang sebagai konsekuensinya dan hal itu berarti perusahaan telah melakukan financial leverage.

Dari pinjaman yang telah didapatkan tersebut, maka perusahaan dapat menambah investasinya dan pada akhirnya perusahaan pasti mengharapkan pengembalian yang lebih besar dari investasi tersebut. Apabila financial leverage meningkat, maka ROI akan menurun karena semakin tinggi ROI maka ini menunjukkan semakin efisien dana yang ditanamkan.

Sedangkan, apabila aktiva perusahaan dikelola dengan baik akan menghasilkan laba yang meningkat dan pastinya financial leverage juga akan meningkat, maka ROE pun akan ikut meningkat. Begitu pula dengan EPS, pastinya dengan adanya peningkatan laba maka akan membuat EPS juga meningkat.

Sepertinya semua ini ada hubungannya, tetapi apakah akan ada pengaruhnya?
Untuk memastikan semua itu maka saya tertarik untuk melakukan penelitian pada judul ini. Itulah sedikit latar belakang tentang PI yang akan saya ambil.

Semoga pada akhirnya akan bermanfaat bagi saya dan tentunya bagi orang lain. Saya tentunya berharap penelitian ini akan berjalan dengan lancar dan semoga hasilnya memuaskan pada akhirnya nanti..
amiiinnnn..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar