Follow me

Jumat, 09 Oktober 2009

MARKETING COMMUNICATION

KOMUNIKASI PEMASARAN

A. PEMASARAN DAN KOMUNIKASI

Yang dimaksud dengan pemasaran yaitu sekumpulan rancangan kegiatan yang saling terkait untuk mengenali kebutuhan konsumen dan mengembangkan, mendistribusikan, mempromosikan, serta menetapkan harga yang tepat dari sebuah produk dan layanan untuk mencapai kepuasan dari konsumen yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan.

Menurut William Al Big yang dimaksud dengan komunikasi adalah suatu proses sosial yang terjadi antara sedikitnya dua orang, dimana salah seorang mengirimkan sejumlah simbol tertentu pada orang lain. Komunikasi terjadi jika kedua pihak sama-sama dapat mengolah dengan baik simbol yang disampaikan.

Jadi, komunikasi pemasaran adalah sebuah pesan dan media yang terkait yang digunakan untuk komunikasi dengan pasar.

Tujuan komunikasi pemasaran adalah menyampaikan pesan tertentu kepada audiens sasaran yang sudah diidentifikasi secara jelas. Untuk melakukan hal tersebut, setiap perusahaan harus mengetahui hierarki komunikasi, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini :

Secara sederhana dapat diartikan, positioning adalah keunggulan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen yang berbeda dari perusahaan lain, personality adalah bagaimana perusahaan ingin konsumen merasakan tentang produk yang dihasilkannya, dan proposition adalah bagaimana perusahaan yakin dapat memunculkan kedua hal tersebut.


Falsafah dasar sukses pemasaran sebenarnya tetap sederhana saja yaitu pentingnya memuaskan konsumen. Untuk dapat bertahan dalam persaingan setidaknya perusahaan harus melakukan langkah-langkah berikut, yaitu :

a. Merumuskan kebutuhan konsumen

b. Mengidentifikasikan segmen konsumen yang punya kebutuhan tersebut

c. Positioning produk baru atau repositioning produk lama untuk memenuhi kebutuhan tersebut

d. Mengembangkan strategi pemasaran untuk mengkomunikasikan dan menyampaikan benefit produk

e. Mengevaluasi efektifitas strategi

f. Memastikan tanggung jawab sosial perusahaan, jangan sampai strategi tersebut dianggap menipu konsumen.

Para pemasar belakangan memang makin menyadari bahwa profitabilitas perusahaan bergantung langsung pada kemampuan mereka mengindentifikasi dan lalu memuaskan kebutuhan lkonsumen. Semakin baik mereka memahami faktor-faktor yang menggerakkan perilaku konsumen, semakin besar pula kemampuan pemasar menggembangkan strategi pemasaran yang efektif memenuhi kebutuhan konsumen.


Karakteristik konsumen :

  1. Konsumen Irasional : Cenderung memutuskan untuk menggunakan produk tanpa menggunakan analisis mendalam, yang penting kepuasan mereka tercapai.
  2. Konsumen Rasional : Cenderung melakukan analisis terhadap ptoduk yang dipilih berdasarkan sebuah proses penelusuran, untuk memperoleh keyakinan bahwa produk yang dibeli betul-betul bermanfaat dan memberikan dampak yang diinginkan, baik melalui majalah atau buku, pendapat ahli, atau diskusi dengan teman.

Konsumen rasional dibagi lagi menjadi dua, yaitu :

a. Rasional permanent (perilaku tetap).

b. Rasional tidak permanent (hanya untuk produk-produk tertentu).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar