Follow me

Minggu, 31 Oktober 2010

TUGAS ETIKA BISNIS

1. Jelaskan beberapa pengertian etika selain yang tadi dijelaskan?
a. Rosita noer
Etika adalah ajaran (normatif) dan pengetahuan (positif) tentang yang baik dan yang buruk, menjadi tuntutan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

b. Drs. O.P. Simorangkir
Etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

c. Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat
Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
d. Drs. H. Burhanudin Salam
Etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai norma dan moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya
e. Menurut pendapat saya apabila melihat definisi dari etika menurut beberapa ahli, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan etika adalah suatu cabang dari ilmu filsafat yang berbicara tentang perilaku manusia mulai dari baik buruk, benar salah, tanggung jawab dan di dalam etika terdapat norma-norma.

2. Berilah contoh etika dan penerapannya di masyarakat,min 5??
a.Etika yang ada di dunia blog menerangkan bahwa terdapat aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar, diantaranya aturan hak cipta, ada beberapa blogger yang mempersilahkan orang lain memanfaatkan kontennya, tidak perlu izin untuk me-link ke blog orang lain, Anonimitas dan nama samaran diperbolehkan, dan No Spam.

b.Etika dalam berpolitik, penerapannya bahwa semua orang yang berpolitik harus menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran dan profesionalisme, contohnya seluruh kader demokrat tidak boleh beroposisi terhadap pemerintah daerah karena presiden RI merupakan pemimpin pemerintahan yang merupakan kader demokrat.

c.Etika profesi, seperti para dokter mempunyai kode etik tersendiri mengenai apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

d.Etika keluarga, seperti tidak boleh berbicara kotor ataupun melakukan hal – hal yang melanggar norma – norma yang terdapat di dalam keluarga.

e.Etika bersikap terhadap sesama, seperti harus mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain.

3. Berilah contoh etiket dan penerapannya di masyarakat, min 5??
a.Seseorang yang bertamu ke rumah orang lain, harus mengetuk pintu dulu sebelum masuk atau memberi salam. Dianggap melanggar etiket jika tamu langsung masuk dan duduk tanpa dipersilahkan terlebih dahulu.

b.Jika di restoran mewah atau perjamuan para pejabat, orang tidak diperkenankan makan dengan tangan. Dianggap melanggar etiket jika makan tidak pakai sendok dan garpu.

c.Diharuskan memakai pakaian yang tertutup bagi orang timur seperti kita, berbeda dengan orang barat yang pakaiannya selalu terbuka.

d.Anggota DPR yang membuat undang-undang dan menjadi wakil rakyat, namun dibelakang bermain wanita, korupsi, bertindak anarkis saat rapat dan sebagainya.

e.Ketika makan tidak boleh mengeluarkan suara, apabila mengeluarkan suara maka dianggap tidak sopan.

4. Apa pendapat anda tentang utilitarianisme??
Utilitarianisme ialah idea atau fahaman dalam falsafah moral yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai sesuatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar. Dengan prinsip kegunaan dimaksudkan prinsip yang menjadikan kegunaan sebagai tolok ukur pokok untuk menilai dan mengambil keputusan apakah suatu tindakan itu secara moral dapat dibenarkan atau tidak. Tindakan yang secara moral benar adalah tindakan yang berguna. Suatu tindakan dinilai berguna kalau akibat tindakan tersebut, secara keseluruhan, dengan memperhitungkan semua phak yang terlibat dan tanpa membeza-bezakan, membawa akibat baik berupa kegembiraan atau kebahagiaaan yang semakin besar bagi semakin banyak orang.

Jadi, menurut pendapat saya utilitarianisme adalah suatu paham dimana apabila setiap orang melakukan perbuatan yang benar secara moral maka yang akan mendatangkan kebahagiaan dan kenikmatan bagi dirinya sendiri.

Sumber: http://etikaprofesidanprotokoler.blogspot.com/2008/03/pengertian-etika.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/05/pengertian-dan-perkembangan-etika-menurut-para-ahli/
http://rocknrollhidupku.blogspot.com/2009/10/pengertian-etika-menurut-para-ahli.html
http://adulaja.blogspot.com/2010/01/pengertian-etika.html
http://lyricc.wordpress.com/2008/08/08/antara-etiket-dan-etika/
http://ms.wikipedia.org/wiki/Utilitarianisme
http://musakazhim.wordpress.com/2007/05/07/utilitarianisme-penjelasan-singkat/
http://bataviase.co.id/node/289962

Tidak ada komentar:

Posting Komentar